Faktor Penyebab Kolesterol Naik yang Sebaiknya Dihindari

Faktor Penyebab Kolesterol Naik yang Sebaiknya Dihindari

Kolesterol yang tinggi dalam tubuh sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Pasalnya, kolesterol jahat dalam tubuh memicu penumpukan lemak di pembuluh darah, yang membuat aliran darah tersumbat dan tidak lancar kemudian menyebabkan jantung koroner, jantung, atau stroke. Penyebab kolesterol naik bisa karena beberapa faktor.

Penyebab Kolesterol Tinggi

  1. Orang usia lanjut dan dewasa muda

Jika Anda berusia di atas 20 tahun, disarankan untuk memeriksa kolesterol Anda setiap 4 hingga 6 tahun. Namun perlu diketahui bahwa anjuran ini hanya digunakan bila kadar kolesterol rendah. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, Anda mungkin perlu memeriksanya setiap 3 bulan sampai kolesterol Anda kembali normal.

Umumnya, ini berlaku untuk orang lanjut usia karena kadar kolesterol meningkat seiring bertambahnya usia. Faktanya, kadar kolesterol pria biasanya lebih tinggi dibandingkan wanita pada usia yang sama. Untuk wanita dewasa, wanita menopause lebih rentan mengalami kolesterol tinggi.

  1. Malas olahraga

Olahraga yang tidak dijalankan dan aktivitas sehari-hari yang tidak aktif dapat menyebabkan peningkatan kolesterol. Kurang olahraga juga bisa membuat Anda gemuk. Artinya, ada banyak lemak di dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan kolesterol jahat (LDL).

Oleh karena itu, usahakan untuk berolahraga setiap hari. Anda bisa melakukan latihan aerobik intensitas sedang. Misalnya berjalan cepat selama 30-40 menit atau naik sepeda selama 30 menit. Kedua aktivitas ini secara signifikan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) sebesar 10%.

  1. Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

Penyebab utama peningkatan kolesterol adalah makanan tinggi gula dan garam tinggi, seperti berondong jagung, biskuit, dan kue kering. Makanan ini tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Jika makan terlalu banyak, kolesterol akan naik.

  1. Obesitas

Pada dasarnya, kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan tingginya kolesterol jahat (LDL) dan rendahnya kolesterol baik (HDL). Kondisi ini menandakan banyaknya lemak yang kemudian memicu peningkatan kadar kolesterol. Jika Anda mengalami obesitas, risiko seseorang terkena penyakit jantung meningkat.

Mengurangi Kolesterol Tinggi

Ketika jumlah total melebihi 200 mg/dL, kandungan kolesterolnya sudah tinggi. Gaya hidup yang salah dapat menyebabkan risiko peningkatan kolesterol tinggi untuk orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin yang berbeda.

Selain itu, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi minuman penurun kolesterol setiap hari untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Salah satunya adalah konsumsi Nestlé ACTICOR. Nestlé ACTICOR mengandung beta glukan (dari oat) dan inulin (dari sawi putih) untuk memperbaiki kadar kolesterol tubuh.

Minuman penurun kolesterol ini terbuat dari bahan alami rendah lemak dan memiliki empat rasa: alpukat, pisang, coklat, dan latte teh hijau. Nestlé ACTICOR cocok untuk orang dewasa di atas usia 18. Hindari penyebab kolesterol naik  dan minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan.