Nutrisi Tepat Untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Nutrisi Tepat Untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Pernahkah si kecil mengalami beberapa gejala seperti diare, bersin-bersin, atau timbulnya ruam pada kulitnya apalagi setelah mengonsumsi susu formula? Bisa saja bayi alergi susu sapi apalagi jika yang diberikan adalah susu formula biasa dan bukan susu soya atau jika diberikan produk turunan dari susu sapi seperti keju, mentega, atau yogurt.

Apabila muncul gejala yang tidak seperti biasanya setelah anak mengonsumsi susu formula maka sebaiknya hindari pemberian susu formula dari susu sapi dan juga produk turunannya. Terdapat langkah-langkah yang dapat diikuti jika Anda menemukan bahwa anak alergi susu sapi.

 

Konsultasikan Gejala Alergi Susu Sapi ke Dokter

 

Apabila memang timbul adanya gejala seperti alergi pada anak setelah anak mengonsumsi susu sapi, maka sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk melakukan pemeriksaan baik itu pemeriksaan uji alergi kulit, uji eliminasi, pemeriksaan darah, dan provokasi protein susu sapi.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anak yang terpercaya agar bisa memberikan pemeriksaan yang tepat dan juga penanganan sesuai dengan kondisi tubuh si kecil dan tingkat keparahan anak. Dengan ini maka tidak ada gejala serius lainnya yang muncul hingga membahayakan nyawa anak.

 

Berikan Nutrisi Tepat Untuk Anak Alergi Susu

 

Ikuti saran yang diberikan oleh dokter apabila sudah berkonsultasi. Biasanya akan disarankan untuk memperhatikan asupan makan si kecil dengan memberikan nutrisi yang tepat namun tetap dengan menghindari pemberian susu sapi karena prinsip utama dalam menangani bayi alergi susu sapi adalah dengan menghindari susu sapi dan produk turunannya.

Selain menghindari susu sapi, perhatikan juga asupan nutrisi si kecil agar seimbang sesuai denan usianya. Menu makanan yang ideal untuk anak adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral yang harus diperhatikan setiap hari.

Sebagai pengganti susu sapi, Ibu bisa memberikan alternatif lain seperti susu formula Asam Amino yang yang disarankan untuk anak dengan alergi yang berat dan sedangkan susu formula Terhidrolisa Ekstensif disarankan untuk anak yang mengalami alergi ringan dan sedang.

Selain dua alternatif tersebut, susu formula soya juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk yang mengalami alergi ringan dan sedang. Susu formula dengan kandungan protein kedelai dapat membantu pertumbuhan anak, daya tahan tubuh, metabolisme tubuh, dan mendukung fungsi neurologi. Banyak yang lebih memilih susu formula soya karena lebih murah dibandingkan alternatif lainnya.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan bayi alergi susu sapi, berikan SGM Eksplor Advance+ Soya dengan kandungan minyak ikan, omega 3, omega 6, 13  vitamin dan 7 mineral serta serat pangan. Jadi si kecil yang alergi susu sapi masih tetap akan mendapatkan nutrisi yang tepat dibutuhkan selama tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya.