Rekomendasi Makanan untuk Mendapatkan Berat Ideal Anak

Rekomendasi Makanan untuk Mendapatkan Berat Ideal Anak

Tumbuh kembang anak membutuhkan gizi yang cukup agar bisa optimal. Berat badan merupakan salah satu tolak ukur untuk melakukan penilaiannya. Berikut ini rekomendasi makanan untuk mendapatkan berat ideal anak.

  1. Telur

Telur memiliki protein yang sangat penting untuk membangun otot anak dan perkembangan sel-selnya. Anda bisa melakukan berbagai varian cara memasak telurnya. Pastikan saat diberikan pada anak telur sudah dalam keadaan matang sempurna. Telur merupakan salah satu makanan dengan kandungan terbaik bagi anak dan harganya pun murah.

  1. Ayam

Berat badan ideal anak bisa didapatkan dari protein hewani seperti ayam yang kaya kalori dan protein. Ayam juga memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Tidak hanya itu di dalam daging ayam juga ada mineral esensial yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak.

Protein merupakan jenis nutrisi yang penting untuk mencegah terjadinya stunting. Selain itu ayam juga memiliki zat besi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, mencegah anemia, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Salmon

Salmon juga menjadi salah satu sumber makanan untuk membantu mendapatkan berat ideal anak. Ada asam lemak, vitamin B12, selenium, kolin, dan omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Salmon makanan yang sangat membantu meningkatkan fungsi otak anak, kesehatan sarafnya, dan fungsi kognitif.

  1. Alpukat

Sumber lemak yang didapatkan dari buah alpukat juga bisa membantu menambah berat badan anak. Di dalam alpukat juga ada nutrisi lainnya yaitu vitamin E. Tekstur alpukat yang lembut akan disukai anak Anda. Cara memberikannya pun mudah dan praktis, bisa langsung buahnya saja atau mau dicampur dengan susu.

  1. Pisang

Pisang juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan berat anak yang ideal. Buah ini mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Anda bisa memberikannya saat makan siang. Manfaat dari makan buah pisang bisa membantu penyerapan serat, mineral, dan kalium. Buat anak di bawah 2 tahun cara penyajiannya bisa dengan dibuatkan bubur atau dikerok saja.

  1. Tahu

Ternyata tahu juga bisa membantu menambah berat badan karena kaya protein, zat besi, kalsium, mangan, selenium, dan juga asam amino esensial. Selain itu kandungan lemak juga ada di dalam tahu yang dibutuhkan untuk pertambahan berat badan. Harganya yang terjangkau tentu tidak menjadi hambatan untuk Anda memberikan tahu sebagai menu makanan anak.

  1. Nasi

Karbohidrat adalah nutrisi sebagai sumber energi dan membantu meningkatkan berat badan anak. Jika anak merasa bosan dengan nasi bisa menggantinya dengan karbohidrat yang lain seperti kentang, jagung, sereal, roti, atau pasta.

Berat badan ideal anak bisa didapatkan dengan memberikan makanan di atas ke dalam menu utamanya. Solusi lainnya bisa dengan memberikan susu untuk anak sesuai usianya. Anda tinggal mencari susu dengan kandungan nutrisi terbaik. Pemberian susu harus mengikuti cara penyajian yang tepat.