Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup, Mulai dari Hal Kecil Ini

Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup, Mulai dari Hal Kecil Ini

Lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh perilaku manusianya. Populasi yang terus bertambah, tentu akan mempengaruhi keseimbangan alam. Kerusakan demi kerusakan pun tidak bisa hindarkan, oleh karenanya sangat penting sekali untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup. Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil seperti berikut ini.

1. Membawa Kantong Sendiri saat Belanja

Sampah plastik telah banyak menyebabkan kerusakan alam. Tentu tidak ingin semuanya semakin parah bukan, Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik, seperti membawa kantong sendiri saat belanja. Dengan begitu, paling tidak sudah ada satu orang yang tidak menambah populasi plastik.

2. Membawa Botol Minuman dan Kotak Makan

Langkah upaya pelestarian lingkungan hidup selanjutnya adalah dengan membawa botol minum sendiri, dengan begitu, saat merasa haus, Anda tidak perlu lagi membeli minuman dalam kemasan yang justru nantinya akan menambah populasi sampah. Begitu pula dengan makanan, dengan membawa kotak makan sendiri, Anda telah membantu mengurangi sampah plastik.

4. Urban Farming

Sudah kenal dengan istilah yang satu ini, bertani di kota sekarang bukanlah hal yang mustahil. Anda bisa menanam sayuran kecil, seperti sawi, bayam, dan berbagai macam sayuran lainnya. Dengan begitu, Anda akan membuat lingkungan menjadi lebih hidup dan rumah akan menjadi lebih segar.

Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas sebagai pot, dan mendaur ulang sampah organik untuk dijadikan pupuk. Dengan begitu, sampah akan semakin berkurang dan Anda pun tidak perlu lagi membeli sayuran di pasar, karena telah memilikinya sendiri di rumah.

5. Menggunakan Angkutan Umum

Polusi udara juga menjadi salah masalah yang harus ditangani bersama. Tingginya volume kendaraan membuat kualitas udara menjadi semakin buruk. Pemerintah telah memberikan banyak sekali fasilitas angkutan umum, sehingga kita bisa memanfaatkannya, agar polusi udara semakin berkurang.

6. Hemat Kertas

Salah satu masalah sampah berikutnya adalah kertas. Meskipun kertas bisa diuraikan di dalam tanah, namun tingginya permintaan kertas telah membuat hutan-hutan menjadi gundul. Hal tersebut dikarenakan, bahan utama kertas adalah kulit pohon. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan dokumen elektronik, lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.

7. Hemat Listrik

Kebutuhan listrik akan terus meningkat seiring terus bertambahnya populasi penduduk. Mulai sekarang marilah untuk lebih bijak dalam menggunakan listrik. Jangan lupa mematikan lampu saat siang, selalu cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan, dan masih banyak lagi. Intinya, jangan sampai ada listrik yang terbuang percuma.

Itulah tadi beberapa langkah kecil yang bisa Anda lakukan dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup. Anda bisa membagikan informasi ini, agar lingkungan menjadi lebih sehat dan bersih dari sampah-sampah plastik. Semakin banyak yang peduli dengan lingkungan, tentu akan membuat kualitas lingkungan menjadi lebih baik.